Kurikulum KKNI

Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnyamemuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnyayang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visiprogram studi. Kurikulummemuatmata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills danketerampilan kepribadian dan perilaku (soft skills)yangdapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

PerkembangansertakemajuanIlmuPengetahuandanTeknologisudahtidakterelakanlagi.Inimerupakantantanganbagisetiappengelolapendidikan, terlebihlagipengelolapendidikan tinggi. UU No.12 tahun 2012 tentangpendidikan tinggimenegaskanbahwaperguruantinggiberkewajibanmelaksanakan Tri Dharma PerguruanTinggi, yaitumenyelenggarakanPendidikan, Penelitian, danPengabdiankepada masayarakat.

Sebagai Perguruan Tinggi Swasta, Universitas Muhammadiyah Cirebon dalam penyelenggaraannya disamping harus memenuhi ketentuan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, juga berkewajiban melakasanakan ketentuan dan peraturan Majlis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Olehkarena itu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) memiliki kekhasan sebagai identitas pembeda dengan Perguruan Tinggi Negerimaupun Swasta lainnya.Sebagai upaya optimalisasi terhadapfungsi, dan prinsipsertatanggung jawab penyelenggaraan pendidikantinggi, makapenyesuaian, perubahan, dan inovasi kurikulum senantiasa menjadi pusatperhatian dan dilaksanakan sejalan dengan perkembangan dan kebutuahan yang berorientasi pada peningkatan Kualitas Catur Darma PerguruanTinggi.

PG-PAUD UMC bergerak dinamis mengikuti paradigma perkembangan kurikulum di Pendidikan Tinggi Indonesia. Kurun waktu 5 tahun ini ada 2 kurikulum yang digunakan. Pada tahun 2000, saat Indonesia merekonstruksi konsep kurikulumnya dari berbasis isi ke Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atas amanah UNESCO melalui konsep the four pillars of education, yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together (Dellors, 1998), PG-PAUD UMC sudah sewajarnya melakukan proses adaptasi terhadap tuntutan dunia tersebut. Oleh karena itu, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, serta terbitnya dokumen penjaminan mutu berupa Peraturan Akademik Universitas Muhammadiyah maka PG-PAUD menetapkan untuk meninjau kurikulum sesuai kebutuhan masyarakat, pemangku jabatan (stake holders) dan kemajuan IPTEKS

Untuk mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK).

Pada saat ini rujukan terpenting dari pengembangan kurikulum adalah amanah dari UU No. 20 Sisdiknas dan peraturan turunannya seperti Permendikbud No. 49 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI). Demikian halnya dengan diterbitkannya Perpres No. 8 Th. 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Permendikbud No. 73 tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi. Maka PG-PAUD UMC melakukan peninjauan kurikulum dan mengembangkan kurikulum K-DIKTI.

Menindak lanjuti Undang-Undang Pendidikan Tinggi No.12 tahun 2012 khususnya mengenai Kurikulum, Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI) Indonesia, Permendikbud No.73 tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi, serta Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), Pedoman PP MuhammadiyahNomor 02/PED/1.0/B/2012 tentangPerguruanTinggiMuhammadiyah, KetentuanMajelisDiktiPimpinanPusatMuhammadiyahNomor 178/KET/I.31D/2012 tentangPerguruanTinggiMuhammadiyah, SK Rektor UMC Nomor: 030/1.a/UMC-SK.R/VIII/2015 mengenai pengesahan kurikulum, PG-PAUD UMC sampai dengan tahun akademik 2016/2017 masih menggunakan dua kurikulum secara pararel.

Struktur Kurikulum

Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) :  147 sks yang tersusun sebagai      berikut:

Jenis Mata Kuliah sks Keterangan
(1) (2) (3)
Mata Kuliah Wajib 138 Disajikan sesuai dengan sebaran matakuliah dalam Kurikulum (jumlah mata kuliah terdiri dari 59 mata kuliah):

MK.BAP : 6 MK / 18 sks

MK.BK : 14 MK / 38 sks

MK.DK : 9 MK / 18 sks

MK.KTI : 5 MK / 16 sks

MK.KPP : 8 MK / 20 sks

MK.KM : 6 MK / 6 sks

MK.U : 11 MK / 22 sks

Mata Kuliah Pilihan

– 18 SKS mata kuliah pilihan bebas sesuai minat

9 Disajikan pada semester tujuh

MK. Pil : 6 MK / 18 sks

(wajib di ambil ≥ 9 sks)

 

Jumlah Total 147

 

 

Struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel berikut:

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah* Bobot sks sks MK dalam Kurikulum Bobot Tugas*** Kelengkapan**** Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara  
Inti** Institusional Deskripsi Silabus SAP  
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11)  
I UMCX113T Bahasa Indonesia 2 Universitas  
D1EX111T Ilmu Alamiah Dasar 2 Universitas  
UMCX112T Kewarganegaraan 2 Universitas  
UMCX114T Matematika 2 Universitas  
UMCX111T Pendidikan Agama 2 Universitas  
D1EX222T Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EX112T Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini 2 Prodi  
D1EX123T Pengantar Ilmu Pendidikan 2 Prodi  
D1EX121T Psikologi Pendidikan 2 Prodi  
    Jumlah SKS 19                
II UMCY212T Al-Islam Study Kemuhammadiyahan 1 Universitas  
UMCY212P Praktik Al-Islam Study kemuhammadiyahan 1 Universitas  
UMCX211T Bahasa Inggris 2 Universitas  
UMCY241T Kewirausahaan Islam 2 Universitas  
UMCX212T Pancasila 2 Universitas  
D1EX122T Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EX223T Ilmu Pendidikan Anak 2 Prodi  
D1EX421T Neurosains Dalam Pembelajaran 2 Prodi  
D1EX224T Psikologi Perkembangan 3 Prodi  
D1EX531P Magang 1 (Pengembangan Jati Diri Guru PAUD) 1 Prodi  
    Jumlah SKS 19                
III UMCY311T Al-Islam Study Al-Qur’an 1 Universitas  
UMCY311P Praktik Al Islam Studi Al-Qur’an 1 Universitas  
D1EY321T Kesehatan Dan Gizi Anak 2 Prodi  
D1EX211T Pendidikan Anak Dalam Keluarga Islam 2 Prodi  
D1EY322T Perkembangan Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EX431T Pengembangan Fisik Jasmani & Motorik Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EY331T Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EX435T Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EX434T Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 3 Prodi  
    Jumlah SKS 21                
IV UMCY411T Al-Islam Study Al Hadist 1 Universitas  
UMCY411P Praktik Al-Islam Study Al Hadist 1 Universitas  
D1EX533T Kurikulum Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EY631T Perencanan Pembelajaran Anak Usia Dini 2 Prodi  
D1EY431T Media Dan Alat Pembelajaran Edukatif Anak Usia Dini 2 Prodi  
D1EY521T Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus 3 Prodi  
D1EY621T Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini 2 Prodi  
D1EY323T Pengembangan Nilai Moral & Agama Islam AUD 3 Prodi  
D1EY733P Magang 2 (Pengenalan Administrasi Guru PAUD ) 2 Prodi  
    Jumlah SKS 19                
V UMCY641T Etika Profesi 2 Prodi  
D1EY522T Kreativitas Dan Keberbakatan 3 Prodi  
UMCY741T Legislasi Pendidikan 2 Prodi  
D1EY622P Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EX432T Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EY733P Microteaching 3 Prodi  
D1EX731T Pembelajaran Terpadu/ Tematik 3 Prodi  
D1EX422T Statistika 2 Prodi  
    Jumlah SKS 21                
VI UMCY611T Kajian Islam Profesi 1 Universitas  
UMCY651P KKM 3 Universitas  
D1EX631T Manajemen PAUD 3 Prodi  
D1EX433T PAUD Holistik Integratif 3 Prodi  
D1EX221T Permasalahan Anak 2 Prodi  
D1EX532T Pengembangan Matematika & Sains Anak Usia Dini 3 Prodi  
D1EY611T Bimbingan dan Konseling 2 Prodi  
D1EX534T Metodologi Penelitian 2 Prodi  
D1EY532T Magang 3 (Asistensi Guru) 2 Prodi  
    Jumlah SKS 21                
VII D1EY752P KKL (Kuliah Kerja Lapangan) 4 Universitas  
D1EY751T Teknik Penulisan Karya Ilmiah 3 Prodi  
D1EY551P Penelitian Tindakan Kelas 3 Prodi  
D1EY531T Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini 2 Prodi  
D1EY732P Pilihan 1 : Seni Musik Untuk Anak Usia Dini ** 3 Prodi  
D1EY342T Pilihan 2 : Bahasa Arab Untuk Anak ** 3 Prodi  
D1EY341T Pilihan 3 : Bahasa Inggris Untuk Anak ** 3 Prodi  
D1EY733P Pilihan 4 : Seni Tari Untuk Anak Usia Dini ** 3 Prodi  
D1EY641P Pilihan 5 : Dasar TIK Untuk Anak Usia Dini ** 3 Prodi  
D1EY731P Pilihan 6 : Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini ** 3 Prodi  
    Jumlah SKS 21                
VIII D1EY851P Skripsi 6 Prodi  
    Jumlah SKS 6                
Total sks 147      

Mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir, pada          tabelberikut:

Semester Kode MK Nama MK (Pilihan) Bobot sks Bobot Tugas* Unit/ Jur/ Fak Pengelola
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
VII D1EY732P Seni Musik Untuk Anak Usia Dini ** 3 sks Prodi
VII D1EY342T Bahasa Arab Untuk Anak ** 3 sks Prodi
VII D1EY341T Bahasa Inggris Untuk Anak ** 3 sks Prodi
VII D1EY733P Seni Tari Untuk Anak Usia Dini ** 3 sks Prodi
VII D1EY641P Dasar TIK Untuk Anak Usia Dini ** 3 sks Prodi
VII D1EY731P Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini ** 3 sks Prodi
Total sks 18 sks    

Substansi praktikum/praktik yang mandiri ataupun yang merupakan           bagian dari mata kuliah tertentu, dengan mengikuti format di bawah ini:

No. Nama Praktikum/Praktik Isi Praktikum/Praktik Tempat/Lokasi Praktikum/Praktik
Judul/Modul Jam Pelaksanaan
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Magang I Pedoman Magang 1 Sesuai Jadwal Kuliah TK Labschool UMC
2 Magang II Pedoman Magang 2 Sesuai Jadwal Kuliah TK Labschool UMC
3 Magang III Pedoman Magang 3 Sesuai Jadwal Kuliah TK Labschool UMC
4 Dasar TIK untuk Anak Usia Dini Diktat Perkuliahan Sesuai Jadwal Kuliah Lab Komputer UMC
5 Pembelajaran Microteaching Buku Panduan Kegiatan Sesuai Jadwal Kuliah Lab Microteaching UMC
6 Pembelajaran Olahraga Diktat Perkuliahan Sesuai Jadwal Kuliah Lapangan Olahraga UMC
7 Percakapan Bahasa Inggris Panduan Kegiatan Sesuai Jadwal Kuliah Lab Bahasa
8 Praktik Al-Islam dan Studi Kemuhammadiyahan Pedoman Praktik Ibadah dan Kemuhammadiyahan sesuai jadwal kuliah Lembaga Pengembangan AIK
9 Praktik Al-Islam dan Studi Al Quran Pedoman Praktik Al Quran sesuai jadwal kuliah Lembaga Pengembangan AIK
10 Praktik Al-Islam dan Studi Al Hadits Pedoman Praktik Al Hadits sesuai jadwal kuliah Lembaga Pengembangan AIK
11 Praktik PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) Panduan Praktek Pengalaman Lapangan Sesuai Jadwal Kuliah Lembaga/ Satuan PAUD.

Peninjauan Kurikulum dalam 5 Tahun Terakhir

Mekanisme peninjauan kurikulum dan pihak-pihak yang dilibatkan dalam proses peninjauan tersebut. 

Pada  saat  ini  rujukan  terpenting  dari  pengembangan  kurikulum  adalah amanah  dari  UU  No.  20  Sisdiknas  dan  peraturan  turunannya  seperti Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI). Demikian  halnya  dengan  diterbitkannya  Perpres  No.  8  Th.  2012  tentang Kerangka  Kualifikasi  Nasional  Indonesia  (KKNI)  dan  Permendikbud  No.  73 tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Pendidikan Tinggi. Maka Prodi PG-PAUD UMC melakukan peninjauan kurikulum dan mengembangkan kurikulum K-DIKTI.

Pada 21-23 November 2014 Majelis Pendidikan Tinggi Muhammadiyah mengadakan lokakarya pengembangan kurikulum mengacu pada KKNI yang diikuti oleh PTM se Indonesia, termasuk PG-PAUD UMC. Dalam pertemuan ini disepakati seluruh prodi PG-PAUD UMC di bawah naungan PTM menggunakan Capaian Pembelajaran (CP) yang diusulkan oleh Dikti. Sehingga rujukan untuk peninjauan bahan kajian dan mata kuliah menggunakan CP tersebut.

Langkah selanjutnya prodi membentuk panitia pelaksana untuk melakukan penelusuran lulusan (tracer study) tahun 2013-2014, melakukan pertemuan dengan para kepala sekolah mitra,HIMPAUDI dan IGTKI kabupaten/ kota Cirebon, dan beberapa pengelola pendidikan non-formal. Hasil penelusuran lulusan dan pertemuan dengan para pemangku jabatan digunakan sebagai pertimbangan untuk melakukan revisi terhadap kurikulum PG-PAUD UMC, silabus, dan SAP. Selanjutnya  universitas melalui Lembaga Penjamin Mutu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kurikulum yang dikembangkan oleh tim dosen penyusun dan untuk selanjutnya disahkan oleh rektor melalui SK Rektor Nomor: 030/1.a/UMC-SK.R/VIII/2015.

No. No. MK Nama MK MK

Baru/

Lama/Hapus

Perubahan pada Alasan Peninjauan Atas Usulan/ Masukan  dari Berlaku mulai Sem./Th.
Silabus/SAP Buku Ajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1.              UMCX113T Bahasa Indonesia Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/2014
2.              D1EX111T Ilmu Alamiah Dasar Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/2014
3.              UMCX112T Kewarganegaraan Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
4.              UMCX114T Matematika Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
5.              UMCX111T Pendidikan Agama Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
6.              D1EX222T Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
7.              D1EX112T Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
8.              D1EX123T Pengantar Ilmu Pendidikan Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/2014
9.              D1EX121T Psikologi Pendidikan Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
10.           UMCY212T Al-Islam Study Kemuhammadiyahan Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
11.           UMCY212P Praktik Al-Islam Study kemuhammadiyahan Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
12.           UMCX211T Bahasa Inggris Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/2014
13.           UMCY241T Kewirausahaan Islam Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
14.           UMCX212T Pancasila Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/2014
15.           D1EX122T Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
16.           D1EX223T Ilmu Pendidikan Anak Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
17.           D1EX421T Neurosains Dalam Pembelajaran Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
18.           D1EX224T Psikologi Perkembangan Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
19.           D1EX531P Magang 1 (Pengembangan Jati Diri Guru PAUD) Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
20.           UMCY311T Al-Islam Study Al-Qur’an Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
21.           UMCY311P Praktik Al Islam Studi Al-Qur’an Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
22.           D1EY321T Kesehatan Dan Gizi Anak Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/2014
23.           D1EX211T Pendidikan Anak Dalam Keluarga Islam Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
24.           D1EY322T Perkembangan Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/2014
25.           D1EX431T Pengembangan Fisik Jasmani & Motorik Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
26.           D1EY331T Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
27.           D1EX435T Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
28.           D1EX434T Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
29.           UMCY411T Al-Islam Study Al Hadist Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
30.           UMCY411P Praktik Al-Islam Study Al Hadist Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
31.           D1EX533T Kurikulum Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
32.           D1EY631T Perencanan Pembelajaran Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
33.           D1EY431T Media Dan Alat Pembelajaran Edukatif Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
34.           D1EY521T Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
35.           D1EY621T Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
36.           D1EY323T Pengembangan Nilai Moral & Agama Islam AUD Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
37.           D1EY733P Magang 2 (Pengenalan Administrasi Guru PAUD ) Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
38.           UMCY641T Etika Profesi Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
39.           D1EY522T Kreativitas Dan Keberbakatan Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
40.           D1EY731P Seni Rupa Untuk Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
41.           D1EY622P Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
42.           D1EX432T Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
43.           D1EY733P Microteaching Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
44.           D1EX731T Pembelajaran Terpadu/ Tematik Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
45.           D1EX422T Statistika Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/2014
46.           UMCY611T Kajian Islam Profesi Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
47.           UMCY651P KKM Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
48.           D1EX631T Manajemen PAUD Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
49.           D1EX433T PAUD Holistik Integratif Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
50.           D1EX221T Permasalahan Anak Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
51.           D1EX532T Pengembangan Matematika & Sains Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
52.           D1EY611T Bimbingan dan Konseling Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
53.           D1EX534T Metodologi Penelitian Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
54.           D1EY532T Magang 3 (Asistensi Guru) Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
55.           UMCY741T Legislasi Pendidikan Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
56.           D1EY641P Dasar TIK Untuk Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
57.           D1EY752P KKL (Kuliah Kerja Lapangan) Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
58.           D1EY732P Seni Musik Untuk Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
59.           D1EY751T Teknik Penulisan Karya Ilmiah Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
60.           D1EY551P Penelitian Tindakan Kelas Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/ 2016
61.           D1EY531T Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
62.           D1EY342T Bahasa Arab Untuk Anak Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
63.           D1EY341T Bahasa Inggris Untuk Anak Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014
64.           D1EY733P Seni Tari Untuk Anak Usia Dini Baru   Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang SNPT

 

Permendikbud No 73 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi

 

Menyesuaikan dengan CP Dikti prodi PG-PAUD

Hasil penelusuran lulusan dan pemangku jabatan

 

Tim dosen / penanggung jawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan

Ganjil T. A 2015/2016
65.           D1EY851P Skripsi Lama   Sudah sesuai dengan CP Dikti prodi PG-PAUD Tim dosen / penanggungjawab mata kuliah yang sesuai bidang keilmuan Ganijl T.A 2013/ 2014